Kamis, 03 Januari 2013

Android 'Gigit' iPad, Tablet 'Gilas' Laptop

Jakarta - Pertumbuhan pasar komputer tablet cukup pesat di 2012 lalu. Menurut perkiraan International Data Corporation (IDC), penjualan perangkat ini secara global bahkan bisa mencapai 122,3 juta, atau naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Momentum tablet tampaknya masih akan berlanjut di tahun 2013 ini. Diperkirakan makin banyak variasi dari perangkat tablet yang akan ditawarkan oleh para vendor.

Nah, seperti apa tablet yang akan beredar di sepanjang tahun ular air ini? Berikut prediksi dari Mashable yang dikutip detikINET, Kamis (3/1/2013).

1. Ukuran tak jadi masalah

Memang tidak ada patokan berapa ukuran pas dari sebuah tablet. iPad yang mendominasi penjualan tahun lalu, dimana menurut IHS iSuppli mencapai 59% memang berukuran 9 inch lebih.


Tapi jangan salah, iSuppli juga menyebutkan bahwa tablet yang jauh lebih kecil pun tak kalah banyaknya. Terbukti ukuran tablet di bawah 8 inch dikapalkan hingga 34 juta selama 2012 lalu, ini terjadi lonjakan 17 juta dari tahun sebelumnya.

Sehingga diprediksi, jumlah tablet dengan ukuran kecil atau sedang bisa menggamit pangsa pasar dua kali lipat dari sebelumnya. Diprediksi tablet ukuran tersebut menguasai 50% market share di 2013.

Ini artinya, ukuran tak menjadi persoalan bagi calon konsumen yang ingin membeli tablet. Sehingga vendor pun akan bersiap meluncurkan ukuran tablet sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Semakin banyak tablet murah

Ada harga ada rupa, demikian ungkapan yang dipertahankan oleh calon pembeli. Akan tetapi untuk kasus tablet agak sedikit berbeda. Berkaca pada pengalaman tahun lalu, tablet dengan harga murah pun laku di pasaran.

Memang di balik pembuat tablet itu sendiri menjadi alasan, sebut saja Kindle Fire besutan Amazon, Nexus 7 atau Motorola Xoom yang rata-rata dijual USD 199. Bandingkan dengan harga iPad paling murah sekitar USD 500.

Tablet murah berkualitas pun diprediksi akan menjadi cara baru untuk menggaet pelanggan baru di 2013. Ya, walaupun hanya WiFi dengan beberapa fitur yang dipangkas, bagi beberapa konsumen tak mempermasalahkannya. Apalagi harganya murah.

3. Tablet Android akan 'menggigit' iPad

Di tahun 2010, Apple sangat nyaman dalam merebut 87% pasat tablet. Namun seiring dengan makin bertambahnya kompetitor, posisi iPad pun goyah. Dari data IDC, Apple saat ini menguasai pasar tablet 53.8% sedangkan Android 42.7%.

Nah, di tahun ini tentu saja menarik, karena diperkirakan iPad akan disalip oleh tablet khususnya yang berbasis Android. Apalagi pada kenyataanya, di kuartal 3 2012, penjualan iPad turun 18%.

4. Tablet gilas Laptop

Dalam satu dekade terakhir, perangkat komputer portabel masih sepenuhnya dikuasai oleh laptop. Namun mulai tahun, penjualannya berlahan akan digilas oleh tablet.

Menurut analisa DisplaySearch, dari vendor laptop global hanya 4 merek--Sony, Asus, Lenovo dan Apple-- yang percaya penjualan laptopnya melebih ekspektasi di tahun 2013 dibandingkan tahun 2012, walaupun jumlahnya tak banyak. Lenovo yang paling percaya diri dimana targetnya mencapai 31 juta unit, dibandingkan 27 juta unit di tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar