Rabu, 09 Januari 2013

Apple Akan Luncurkan "iPhone Murah" Tahun Ini

Salah satu raksasa teknologi dunia, Apple, dikabarkan berencana mengeluarkan "iPhone murah" di pasaran tahun ini. Menurut sumber anonim yang dikutip beberapa media dan blog terkemuka di AS, langkah yang diambil produsen iPhone tersebut merupakan bagian dari peralihan strategi perusahaan.

Rencana Apple untuk menghadirkan iPhone murah disebut telah dieksplorasi selama beberapa tahun. Rencana ini bahkan telah mengalami perkembangan dan iPhone versi murah, menurut sumber tersebut, bisa hadir pada tahun ini.

Menurut harian Wall Street Journal, iPhone murah disebutkan sesuai dengan iPhone versi standar. Hanya berbeda dalam body yang lebih murah dengan menggunakan materi plastik polikarbonat. Perangkat teranyar Apple, iPhone 5 terbuat dari alumunium. Sementara bagian lain kemungkinan bisa sama maupun didaur ulang dari model iPhone sebelumnya.

Pengembangan model iPhone merupakan wilayah baru bagi Apple. Kabarnya, mendiang Kepala Eksekutif Apple, Steve Jobs, dulu sempat tertarik atas prospek keuntungan dan penawaran sejumlah produk berukuran kecil yang ditargetkan untuk kategori high end.

Dan sejak kendali CEO perusahaan diambil alih oleh Tim Cook pada Agustus 2011, Apple mengalami perubahan, dengan meluncurkan iPad Mini bersama dengan iPad yang lebih besar pada Oktober.

Apple telah mempertimbangkan iPhone murah sejak 2009 untuk merebut pangsa pasar dari para kompetitor.

Saat ini iPhone merupakan pendapatan utama Apple, dengan kontribusi penjualan iPhone dan produk dan layanan terkait mencapai 48 persen dari pendapatan pada kuartal ketiga.

Apple kini menghadapi tekanan yang lebih besar untuk membuat iPhone lebih terjangkau. Pasalnya, muncul perangkat Android murah yang dipasok oleh kompetitor, Google.

Menurut IDC, pada kuartal ketiga 2012, pangsa Apple hanya 14,6 persen dari pengiriman smartphone di seluruh dunia, angka ini turun dari pangsa pasar puncak Apple yang mencapai 23 persen pada kuartal keempat 2011 dan kuartal pertama 2012.
iPad Laris
Dilansir dari Digitimes, pertumbuhan penjualan iPad, terutama di China dan negara berkembang, kemungkinan menjadi latar belakang Apple untuk menghadirkan versi iPhone murah.

Terlebih dengan rilis chipset Snapdragon teranyar dari Qualcomm, untuk kategori smartphone enttry level sampai menengah. "Ini membuka jalan bagi Apple untuk menghadirkan iPhone murah," kata sumber yang dilansir laman Digitimes, 9 Januari 2013.

Sumber lain juga mengindikasikan bahwa Apple juga berencana menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal, China Mobile untuk meluncurkan sebuah versi iPhone lain sebagai upaya menaikkan penetrasi Apple di pasar China.

iPhone versi murah ini disebutkan akan hadir pada semester kedua 2013.
Sampai saat ini pihak Apple belum bersedia komentar atas rumor itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar