Selasa, 22 Januari 2013

Sony Xperia Z, Tablet Penantang iPad Mini

Raksasa produsen perangkat teknologi asal Jepang, Sony, terus kembangkan produk seri Xperia. Belum lama ini, Sony merilis smartphone Xperia Z, yang tahan debu dan air.

Tak lama berselang, Sony merilis versi tabletnya, yakni Xperia Tablet Z. Perangkat mobile ini hadir dengan ukuran layar 10,1 inchi beresolusi 1920 x 1200 pixel Full HD, dengan dukungan prosesor quad-core 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan peyimpanan internal 32 GB.

Dilansir Techradar, 22 januari 2013, tablet ini dilengkapi kamera belakang 8,1 MP dan mengadopsi sistem operasi Android Jelly Bean.

Super Tipis
Sony tampaknya total dalam tablet kali ini, dengan menjejalkan semua teknologi, termasuk teknologi berbagi NFC, koneski LTE sampai slot micro SD, pada tablet setebal 0,69 cm ini.

Dengan ukuran segitu, tablet Xperia Z jauh lebih tipis ketimbang Galaxy Note 10 besutan Samsung maupun iPad Mini yang tipisnya 0,72 cm.

Sony juga membenamkan teknologi khasnya yang telah dibenamkan pada produk smartphone sebelumnya, seperti Engine Mobile Bravia 2 serta sensor Exmor R pada kamera bagian belakang.

Namun, perlu dicatat, kehadiran tablet ini sementara hanya untuk pasar Jepang, dan belum tersedia untuk negara-negara lain.

"Sementara ini, hanya tersedia untuk pasar Jepang. Kami belum bisa komentar terkait ketersediaannya di pasar lain," tutur Sony saat dikonfirmasi Techradar.

Sabtu, 19 Januari 2013

Wapres Instruksi Mendikbud Kembangkan Kuliah Online

Sistem pengajaran online dipandang mampu menjadikan lulusan perguruan tinggi di Indonesia diakui dunia. Wakil Presiden Boediono pun meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan sistem pengajaran online di tingkat perguruan tinggi.

Wakil Presiden Boediono menyampaikan harapan sekaligus instruksinya itu di acara pembukaan konvensi Kampus ke-9 dan Temu Tahunan ke-15 Forum Rektor Indonesia di Gedung Gradhikan Gubernuran Provinsi Jawa Tengah, Jl Pahlawan, Semarang,  Jumat 18 Januari 2013.

"Saya meminta Saudara Menteri untuk menyusun blue print pengembangan sistem pengajaran online perguruan tinggi," kata Boediono.

Menurutnya, selama ini mata kuliah online hanya tersedia dalam Bahasa Inggris, karena itu, blue print mata kuliah online dengan konten Indonesia dipandang sangat penting dan mampu mempermudah penggunanya. "Pengajaran online perguruan tinggi itu buatan Indonesia, dan jika disajikan dalam Bahasa Indonesia dan dengan konten Indonesia namun secara keilmuan tetap harus memenuhi standar internasional," kata Boediono.

Dengan mengambil mata kuliah online, tambah Budiono, mahasiswa bisa mendapatkan kredit yang diakui secara internasional. Hal itu juga diharapkan bisa menutup kelemahan dan kekurangan lembaga pendidikan tinggi.

"Apabila direncanakan dan dipilih dengan baik, semua itu  dapat diperoleh dengan biaya yang terjangkau, baik oleh institusi maupun mahasiswa," katanya.

Mendikbud Siap

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan pihaknya sudah memiliki "infrastruktur" yang siap dikembangkan untuk pengajaran online yakni digital dividend atau tranformasi dari sistem analog ke sistem digital. "Ibaratnya  tanah 100 meter dipakai untuk satu keluarga, dengan membangun tingkat yang tinggi bisa untuk 10 keluarga. Itulah digital dividend," kata M. Nuh.

Ditambahkan, tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangan pengajaran on line. "Kalau jalan rayanya itu kanal, kami ingin memanfaatkan yang digital dividend itu. Mobilnya itu teknologi. Untuk konten sudah ada sebagian," kata Mendiknas.

Pendapat lain datang dari Wakil Rektor bidang kemahasiswaan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Idiannoor Mahyudin. Ia menyoroti kemungkinan kendala dalam mengembangkan pengajaran on line adalah letak daerah yang mempengaruhi sinyal internet. "Sebenarnya itu sangat efisien jika bicara di perkotaan. Untuk di daerah, masih lemah, itu yang perlu diperhatikan," katanya.

Sabtu, 12 Januari 2013

NASA: Andromeda akan Tabrak Bima Sakti

Peneliti di Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memprediksi bahwa galaksi Bima Sakti - tempat Bumi berdiam - akan bertubrukan dengan galaksi Andromeda. Tubrukan itu akan terjadi sekitar 4 miliar tahun mendatang.

Menurut harian USA Today, proyeksi itu diungkapkan astronom dan tim peneliti NASA setelah mengamati rekaman gambar dari teleskop antariksa Hubble. Mereka pun meriset hasil pantauan itu dengan simulasi komputer.
"Bima Sakti telah mengalami sejumlah benturan kecil, namun kali ini [dengan galaksi andromeda] belum pernah terjadi sebelumnya," kata astronom Rosemary Wyse dari Universitas John Hopkins dalam suatu pertemuan di NASA Kamis waktu setempat.
Bahkan, seperti dikutip Reuters, para ilmuwan lewat simulasi komputer menduga kedua galaksi itu tidak saja bertubrukan. Dalam enam miliar tahun mendatang Andromeda dan Bima Sakti bisa saja bergabung menjadi satu galaksi.

Andromeda merupakan salah satu galaksi di luar Bima Sakti. Menurut riset yang dimuat di Astrophysical Journal Letters 635, Andromeda berjarak sekitar 2,6 juta tahun cahaya dari Bumi (satu tahun cahaya setara dengan 5,9 juta mil atau sekitar 9,49 juta km).

Kendati diprediksi bersinggungan, kalangan peneliti yakin tidak akan sampai berdampak fatal bagi Bumi dan tata surya. "Bisa jadi Matahari akan bergerak ke kawasan yang baru di galaksi kita ini, namun Bumi dan tata surya tidak dalam bahaya kehancuran," demikian pernyataan NASA.

Meski tubrukan kedua galaksi ini terdengar mengerikan, jarak antarbintang dari masing-masing galaksi itu begitu luas. Sangat kecil kemungkinan Matahari akan bertabrakan dengan benda-benda apapun dari Andromeda.

Namun para astronom masih memperbincangkan seperti apa dampak tubrukan kedua galaksi itu. Apakah persinggungan itu akan melibatkan benturan antarbenda dari kedua galaksi atau hanya membersitkan cahaya.

Astronom Tak Sengaja Temukan Galaksi Terbesar Sejagat

Galaksi spiral terbesar di jagat maya telah ditemukan secara tak sengaja oleh para astronom.

Awalnya sebuah tim sedang memeriksa data dari satelit Galaxy Evolution Explorer (Galex) untuk wilayah pembentuk bintang di sekitar galaksi yang disebut NGC 6872.

Tapi, kemudian para astronom terkejut saat melihat petak besar sinar ultraviolet dari bintang-bintang muda. Ini menunjukkan bahwa galaksi tersebut sebenarnya cukup besar untuk menampung lima galaksi Bima Sakti di dalamnya.

NGC 6872 merupakan sebuah galaksi berjarak 212 juta tahun cahaya di wilayah perbintangan Pavo. Wilayah Pavo sudah dikenal sebagai salah satu galaksi spiral terbesar.

Tidak jauh dari perbintangan (konstelasi) Pavo terdapat IC 4970, galaksi berbentuk lensa atau lenticular yang tampaknya telah hancur melewati galaksi spiral pada masa astronomikal baru-baru ini.
Rafael Eufrasio, peneliti dari Catholic University of America dan Goddard Space Flight Center NASA beserta koleganya dari University of Sao Paulo Brazil dan European Southern Observatory di Chile tertarik pada sejumlah daerah yang menjauh dari galaksi spiral.

"Saya tidak mencari galaksi spiral terbesar, itu hanya datang sebagai hadiah," kata Eufrasio kepada BBC, Jumat 11 Januari 2013.

Galex yang merupakan teleskop ruang angkasa yang dirancang untuk mencari sinar ultraviolet mengisyaratkan bahwa NGC 6872 terbuat jauh lebih besar oleh tubrukan sinar ultraviolet.

Tim ini kemudian melanjutkan untuk menggunakan data dari berbagai teleskop lainnya termasuk Very Large Telescope, Two Micron All-SKy Survey, dan teleskop ruang angkasa Spitzer. Ternyata, membuktikan bintang-bintang dari berbagai usia. Usia bintang semakin tua semakin ke tengah dalam galaksi spiral.

Formasi bintang yang melakukan perjalanan ke lengan, dipicu oleh tabrakan dengan IC 4970. "Ini sudah dikenal sebagai salah satu yang terbesar selama dua dekade, tapi ini jauh lebih besar dari yang kami duga," jelas Eufrasio.

"Galaksi yang bertabrakan dengan NGC 6872 memercikkan bintang seluruh tempat, sekitar 500.000 tahun cahaya jauhnya," katanya.

"Ini menunjukkan evolusi galaksi dalam konteks yang lebih luas dari alam semesta, bagaimana galaksi besar kita sebelumnya telah bertambah dari gumpalan kecil di alam semesta awal," kata Eufrasio.

Kamis, 10 Januari 2013

Tahun 2013, Tahun Komet

Tahun 2013 bisa menjadi tahun komet. Akan ada 2 komet terang yang tampil di langit sepanjang tahun ini. Keduanya merupakan komet yang baru saja ditemukan. Salah satunya akan menjadi komet paling terang seumur hidup.

Komet paling terang seumur hidup, ISON, yang ditemukan pada tanggal 24 September 2012 oleh astronom Vitali Nevski dan Artyom Novinchonok adalah salah satunya. Komet ini akan menjadi komet paling terang sejak 1965.

"Komet ISON akan menarik jutaan dari kegelapan untuk menyaksikan komet paling terang dalam banyak generasi, bahkan lebih terang dari Bulan purnama," kata astronom dan penulis buku "The Moon : A Bography", David Whitehouse, dalam tulisannya di The Independent, Rabu (2/1/2013).

Komet ISON, seperti ditulis Whitehouse, bergerak dari sebuah wilayah yang disebut Awan Oort. Sekali waktu, kemungkinan karena pengaruh gravitasi bintang terdekat, sebuah komet akan dilemparkan keluar dari wilayah ini untuk selamanya, kadang menuju Tata Surya.

"Komet ISON mengunjungi untuk pertama kali dan mungkin satu-satunya. Hidup komet ini sebelumnya dingin dan tak mengalami perubahan namun kini bergerak mendekati Matahari dan memanas," papar Whitehouse.

Komet ISON bisa dilihat mulai Oktober 2013 hingga minggu pertama Januari 2014 dengan mata telanjang. Pada bulan Oktober, komet akan mendekati Mars. Es pada komet akan mulai retak karena suhu panas. Pada tahap ini, ekor komet akan terbentuk.

Segera setelahnya, komet akan memasuki orbit Bumi. Saat ini, komet akan tampak terang seiring es di bawah permukaannya berubah menjadi gas yang kemudian merefleksikan cahaya Matahari. Pada 28 November 2013, komet akan mencapai jarak 1,2 juta km dari Matahari.

Saat mencapai titik terdekat dari Matahari, komet akan bersinar sangat terang, mencapai magnitud -10. Namun, pengamatan pada saat itu berbahaya dan membutuhkan peralatan khusus. Di Indonesia sendiri, waktu komet mencapai titik terdekat dengan Matahari jatuh pada siang hari.

Bagi warga Indonesia yang ingin menyaksikan, waktu terbaik menyaksikan komet ISON adalah pagi hari tanggal 28 November 2013, sebelum komet ini mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari siang harinya.

Komet ISON ditemukan lewat pengamatan di Observatorium Kislovodsk, Rusia, dengan menggunakan teleskop International Scientific Optical Network (ISON) 40 cm. Nama teleskop itulah yang kemudian diambil sebagai nama komet yang ditemukan.

Komet lain yang juga akan tampak terang di langit adalah komet 2014 L4 (PanSTARRS). Komet ini akan tampak terang di langit malam sepanjang bulan Maret dan April 2013. Komet ini dinamai sesuai nama teleskopnya,  Panoramic Survey Telescope And Rapid Response System.

Komet PanSTARRS juga akan bergerak mendekati Matahari. Menurut Space, 30 Maret 2012, perihelion atau titik terdekat komet dengan matahari akan dicapai pada 9 Maret 2013. Jarak komet dan Matahari saat itu 45 juta km.

Apple Kembangkan iPhone 6?

Setelah sukses mengeluarkan iPhone generasi keenam, iPhone 5 pada September 2012 lalu, produsen iPhone, Apple, dilaporkan sedang mengembangkan penerus iPhone 5 beserta sistem operasi terbarunya.

Mengutip laman Thenextweb.com, para pengembang mengidentifikasi referensi pengenal iPhone baru dan pembaharuan sistem operasi untuk smartphone dan perangkat tablet, iOS 7.

Salah satu pengembang mengatakan Apple tengah menguji piranti keras yang berkaitan dengan pengenal 'iPhone6.1' baru, yang didukung oleh perangkat yang menjalankan iOS 7. iPhone teranyar diharapkan akan dirilis oleh Apple di pertengahan tahun ini.

Perangkat andalan Apple saat ini, iPhone 5, diketahui memuat
pengidentifikasi 'iPhone5,1' dan 'iPhone 5,2' tergantung pada model LTE (Long Term Evolution) dan jaringan 4G yang beroperasi dalam iPhone tersebut.

Pengembang mengendus riset Apple dalam kembangkan 'iPhone 6.1' dari jejak perangkat yang tertinggal di catatan aplikasi pengenmbang. Permintaan aplikasi tersebut berasal dari alamat IP (internet protokol) pada kampus Cupertino Apple. Hal ini menunjukkan tim pengembangan sofware dan aplikasi Apple sedang menguji kesesuaian beberapa aplikasi populer di App Store.

Meskipun sistem operasi dan data perangkat dapat dipalsukan, jejak IP yang unik mengarah kembali ke kampus Cupertino Apple, diyakini salah satu dari upaya pengembangan iPhone 6.

Menurut sumber Apple, versi iOS 7 telah dikembangkan sejak akhir 2012 lalu dan akan dirilis pada pertengahan 2013 mendatang. Dalam dua tahun terakhir, Apple merilis iPhone baru pada musim gugur. Faktanya, iPhone baru yang dipertunjukkan dalam acara pengembang sudah menunjukkan bahwa iPhone tersebut yang akhirnya dirilis.

ASUS Perkenalkan PC All in One dengan Windows 8

Peluncuran Windows 8 dijadikan momentum oleh ASUS untuk memperkenalkan PC All in One yang menggunakan sistem operasi terbaru Microsoft tersebut. ASUS pun kemudian memperkenalkan PC All in One ET 2701. 

PC ini menggunakan layar frameless 10-point touchscreen dalam layar 27 inci. Adapun resolusi yang digunakan adalah Full HD 1920 x 1080 dengan LED Backlit. Windows 8 pun akan mengoptimalkan kemampuan sentuh di PC ini.

ET2701 menggunakan panel VA yang menghasilkan viewing angle hingga mencapai lebar 178 derajat, baik secara horizontal atau vertikal. Tak hanya itu, PC ini juga disandingkan dengan subwooofer eksternal dengan teknologi Sonic Master dan DTS Surround Sensation Ultra PC. Ini menjadikan PC ini sangat menunjang dijadikan perangkat entertainment.

Untuk menunjang kinerja, ASUS membenamkan CPU Intel generasi ketiga, dengan opsi i7-3770S, i5-3450, i5-3330, atau i3-3220. Untuk grafis terbaik, dibenamkan NVIDIA GT640M(INTI/INKI) dan Intel HD Graphic (IUTI/IUKI).

Sedangkan penyimpanan, tersedia hard drive SATA dengan kapasitas hingga 2 TB. Sedangkan untuk konektivitas, ASUS menggunakan USB 3.0, HDMI-in, SD Card Reader, dan eSATA (USB 2.0 Combo).

Tapi belum diketahui harga yang akan dibanderol ASUS untuk PC All in One dengan Windows 8 ini. Belum diketahui juga kapan PC ini beredar di pasaran Indonesia.

Asus Kenalkan Notebook "Taichi" di Tanah Air

 Asus meluncurkan sejumlah produk layar sentuh di awal 2013. Dari beberapa produk, ada tipe layar sentuh yang menarik perhatian, yaitu notebook Asus Taichi.

Perangkat yang diperuntukkan untuk kalangan high end ini mengusung konsep notebook convertible, yang juga berfungsi menjadi tablet.

Asus Taichi, yang menjalankan Windows 8, mengandalkan dua layar dalam satu perangkat. Satu layar tradisional dan tambahan layar dibalik layar tradisional untuk posisi tablet. Dua layar 11,6 inchi ini mempunyai kualitas sama Full HD HD 1920x1080 dengan corning fit glass.

"Ini merupakan perangkat yang bisa mendukung untuk bekerja, presentasi saat meeting maupun digunakan di rumah dengan model tablet," ujar Juliana Chen, Manager of Product Management and Marketing Asus Indonesia dalam peluncuran produk di Jakarta hari ini.

Saat notebook dibuka, Asus Taichi sama seperti notebook lainnya yang hadir dengan keyboard backlit Qwerty berukuran penuh serta trackpad. Tapi saat, perangkat ditutup, akan langsung berubah menjadi tablet multi touch yang mendukung stylus.

Layar untuk bentuk notebook tidak mendukung multi touch, sedangkan saat posisi menjadi tablet, layar mendukung multi touch. Beda kedua layar ini yaitu layar untuk notebook masih terdapat bezzel atau frame, sedangkan layar untuk tablet sudah frameless.

Taichi hadir dengan dimensi 30,66x19,93x1,74 cm dan berat 1,25 kg. Perangka ini dibenamkan prosesor Intel Core i7 dan dukungan Intel HD Graphics 4000. Penyimpanan SATA III SSD 256 GB, kamera web HD, untuk posisi tablet kamera 5 M dengan auto focus 1080 pixel.

Untuk konektivitas dilengkapi bluetooth. Port lengkap dengan audio jack, USB 3.0, port LAN, micro HDMI, docking connector, mini VGA. Fitur Bang&Olufsen ICEpower melengkapi dukungan audio. Kapasitas baterai 35 Whrs Polymer diklaim bisa bertahan sampai 5 jam dengan waktu stand by mencapai 200 hari.

Asus Taichi dibanderol US$ 1.729 dan sudah beredar di pasaran bulan ini.

Notebook Vs Tablet, Mana yang Anda Pilih untuk Pekerjaan Kantor?

Sebuah notebook diciptakan untuk memudahkan pekerjaan. Dengan sebuah laptop, Anda bisa mengerjakan pekerjaan kantor di luar ruangan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, terciptalah sebuah tablet.
Tingkat penjualan tablet pun mengalami tren positif dari waktu ke waktu. Bahkan beberapa vendor pun terpaksa membatasi jumlah produksi netbook yang merupakan versi mini notebook. Namun, apakah sebuah tablet sudah mampu menggantikan laptop untuk pekerjaan kantor? Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Mobilitas
Dari segi mobilitas, tentunya tablet memiliki kemudahan dibandingkan dengan sebuah laptop. Sebuah laptop biasanya memiliki bobot lebih dari 1,5 kg. Tentunya hal ini akan cukup membebani Anda. Sedangkan sebuah tablet,  kebanyakan memiliki berat tak kurang dari 1kg.

Kemudahan Pemakaian
Layar sentuh pada tablet bagi sebagian besar orang akan cukup sulit digunakan. Terlebih bagi Anda yang terbiasa memakai sebuah keyboard. Namun, terdapat beberapa tablet yang sudah hadir dengan docking keyboard. Selain itu, Anda pun bisa membeli aksesoris tambahan berupa wireless keyboard yang beberapa di antaranya sudah kompatibel dengan tablet Android.
Selanjutnya, yang biasa diperhatikan adalah kapasitas penyimpanan. Dari sini, notebook jelas lebih unggul dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sedangkan tablet biasanya hadir dengan memori internal yang sangat terbatas. Namun, seiring dengan adanya teknologi cloud computing, Anda pun bisa menutup kekurangan tersebut.
Untuk masalah software pun nampaknya tablet tidak terlalu kesulitan untuk memperoleh aplikasi pendukung. Di platform iOS dan Android, sudah tersedia beberapa program yang berasal dari versi notebook. Di antaranya adalah aplikasi office, aplikasi edit foto, edit video dan lain-lain.

Harga
Dari segi harga, tablet Android bisa diperoleh dengan harga yang sangat murah. Anda bisa menemukan berbagai jenis tablet Android yang berkisar dari harga 1 jutaan ataupun tablet high end dengan harga di atas 5 juta. Sementara itu, iPad dijual dengan harga yang setara dengan tablet Android high end. Pun demikian dengan tablet Windows yang kebanyakan masih dijual dengan harga mahal.
Sedangkan dengan harga yang sama, sebuah laptop bisa menghadirkan spesifikasi yang lebih bagus. Misalkan, dengan uang sebesar 3 juta rupiah, Anda bisa memilih laptop yang memiliki prosesor dual core serta layar 14 inci. Sedangkan untuk tablet, dengan harga yang sama Anda hanya akan memperoleh layar 7 inci dengan prosesor dual core.

Kesimpulan
Dari tiga poin di atas, sebuah tablet memang mampu menawarkan performa yang bisa digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan kantor. Namun, untuk melakukannya, Anda nampaknya harus memilih sebuah tablet dengan spesifikasi yang tinggi, terutama untuk pekerjaan kelas berat. Sedangkan kalau Anda berbudget rendah, nampaknya notebook adalah pilihan yang bijak.

RIM Siapkan 6 Produk Baru Berbasis BlackBerry 10

Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM), menyatakan siap menghadirkan enam perangkat baru berbasis sistem operasi BlackBerry 10 (BB10) tahun ini. RIM mentargetkan semua level harga, mulai dari kategori high end, menengah, maupun low end.

Demikian ungkap RIM di pameran Consumer Electronics Show (CES), Las Vegas, AS, pada Rabu waktu setempat, seperti dilansir CNet. Kepala Eksekutif Pemasaran RIM, Frank Boulben, menjelaskan bahwa tahap pertama akan hadirkan dua perangkat berbasis BB10, baik dengan layar sentuh penuh maupun kombinasi layar sentuh dan keyboard.
Kedua tipe perangkat itu akan resmi diluncurkan pada 30 Januari nanti, sekaligus menandai kehadiran perangkat berbasis BB10.
BlackBerry 10 merupakan senjata pamungkas RIM untuk tetap menjaga persaingan di pasar smartphone, yang makin dipengaruhi produk berbasis Android besutan Google maupun serbuan iPhone dari Apple. Dengan BB10, perusahaan asal Kanada bertaruh dengan menawarkan kemudahan pesan dan pengetikan serta kemampuan antarmuka dan multimedia baru yang lebih baik.

Saat ini basis pelanggan tradisional RIM merupakan kalangan korporasi dan pemerintahan. Di negara berkembang, BlackBerry digandrungi oleh kalangan remaja, dengan kemudahan pesan instan BBM Messenger.

Saat persaingan dengan Android dan iPhone semakin ketat dalam beberapa tahun terakhir, RIM bisa saja kehilangan basis pelanggan korporat dan pemerintahannya.

Namun,  Kepala informasi perusahaan piranti lunak besar SAP, Oliver Bussmann, mengatakan dalam IDG News Services bahwa RIM masih memiliki penggemar setia di pasar korporat.

"Saya percaya masih ada komunitas pengguna BlackBerry di luar sana, Mereka menyukainya," kata Bussman dalam sebuah wawancara di CES di Las Vegas seperti dilansir CNet.
Banyak Aplikasi
Namun kesuksesan RIM dalam meluncurkan BlackBery 10 sebagian besar akan bergantung pada bagaimana RIM mempopulerkan BB10 tersebut.

RIM mengatakan produk terbarunya nanti akan penuh dengan fitur dari awal. Satu faktor kunci yang diharapkan RIM dalam produk anyar mereka, yaitu rangkaian lengkap aplikasi untuk perangkat BB10.

Boulben mengatakan RIM akan memiliki minimal 70.000 aplikasi sudah tersedia untuk platform BB10 saat peluncuran.
RIM juga menegaskan memiliki dukungan aplikas yang kuat dari pengembang. Boulben mengatakan perusahaan telah menargetkan 600 aplikasi pada pasar utama. Dan sejauh ini BB 10 mendukung sekitar 90 persen dari aplikasi tersebut

Panasonic Rilis Tablet Seukuran Kertas A3

Di pameran produk teknologi terkemuka di AS, Consumer Electronics Show (CES) 2013, banyak produsen gadget membuat sesuatu yang lebih kecil. Namun berbeda dengan Panasonic, perusahaan asal Jepang ini membuat tablet berlayar raksasa berukuran 20 inci.

Tablet raksasa ini diklaim dapat lebih memanjakan penggunanya saat membaca majalah digital. Selain itu tablet ini juga menyasar para pecinta fotografi. Namun, karena ukurannya yang besar banyak yang beranggapan bahwa tablet ini tidak mudah dibawa untuk kegiatan sehari-hari.

"Panasonic membuat teknologi digital mutakhir ini untuk menciptakan nilai realistis sebuah kertas pada sebuah layar," ujar pernyataan pers Panasonic dilansir Dailymail, Rabu 9 Januari 2013.

Perusahaan pun meyakini bahwa tablet raksasa ini sangat ideal untuk menampilkan konten seperti koran dan majalah, karena akan menampilkan rasio yang sama.

Sementara Telegraph menuliskan, tablet ini mengusung teknologi Anoto, yaitu sebuah teknologi menulis digital pada sebuah layar tablet. Permukaan digital yang dihadirkan ini bisa membuat pengguna membuat tulisan yang akurat.

Sementara itu, sebaliknya, Apple dan perusahaan lain sedang berkonsentrasi dengan membuat tablet berukuran kecil, seperti iPad mini yang berukuran 7 inci. Namun Panasonic tetap berharap tablet 20 inci ini bisa menarik bagi para penggemar fotografi.

Keunggulan dari tablet raksasa ini adalah penggunaan panel LCD 20 inci beresolusi 4k (3840X2160 pixel), dua kali lebih canggih dari resolusi Full HD horizontal dan vertikal (1920 x 1080).

Tablet berukuran kertas A3 ini memiliki berat 2,4 kg dan ketebalan 10,8 mm, membuat perusahaan yakin bahwa gadget terbarunya mudah untuk dibawa saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Tablet ini didukung oleh sistem operasi Windows 8, prosesor Intel Core i5 3427U vPro 1.80 GHz, dan baterai internal memiliki kekuatan 2 jam.

Rabu, 09 Januari 2013

Lima Pabrik Smartphone Asia Bertarung di CES 2013

Produsen perangkat mobile asal Asia, seperti LG, Sony, Samsung, Huawei, dan HTC, berdesak-desakan meluncurkan inovasi produk terbaru dan tercanggih di ajang Pameran produk teknologi terkemuka di AS, Consumer Electronics Show (CES) 2013.

Di acara yang berlangsung 8 sampai 11 Januari 2013 ini akan memunculkan beragam gadget dengan merek yang berbeda, namun perangkat smartphone akan menjadi yang paling menarik perhatian pengunjung.

Pabrikan dari Asia akan berlomba untuk mendapatkan perhatian pengunjung, dengan menawarkan inovasi-inovasi terbaru untuk menarik perhatian pelanggan. Seperti prosesor yang lebih kuat, konektifitas tinggi, kamera lebih tajam, dan sejumlah fitur lainnya.

Saat ini berita-berita di internet sudah dipenuhi oleh rumor-rumor peluncuran produk baru. Situs Ibtimes telah merangkum lima smartphone pabrikan asal Asia yang akan bersinar di CES 2013.

Samsung Galaxy 4
Perusahaan asal Korea Selatan ini diharapkan akan menampilkan demo Galaxy S4 di ajang CES 2013. Di akun resmi Facebook-nya, Samsung Lebanon, telah mengkonfirmasi generasi terbaru dari lini Galaxy S ini akan diluncurkan sebelum bulan Mei 2013.

Di situs penggemar Samsung, SamMobile, bahkan telah menampilkan spesifikasinya, seperti layar 5 inci HD dengan resolusi 1080X1920 pixel, Exynos 5450 quad-core clock 2GH, Super AMOLED 4.99in full HD display, kamera 13 MP, 2GB RAM, dan dijalankan dengan sistem operasi Android 4.2.1 Jelly Bean.

HTC M7
Raksasa asal Taiwan ini mengumumkan akan meluncurkan HTC M7 di ajang CES 2013. Menurut sumber HTC, perangkat ini akan diperbaharui ke versi Android terbaru, sebelumnya menggunakan Android Jelly Bean.

Spesifikasi lainnya adalah penggunaan layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixel, kamera 13 MP, baterai 2300mAh, Snapdragon 1.7GHz quad core, 2GB RAM dan konektivitas LTE.

Sony Xperia Z
Perusahaan Jepang juga tidak mau ketinggalan. Setelah tertinggal jauh dalam persaingan pasar smartphone, Sony mulai bangkit dengan meluncurkan  Xperia terbaru, yaitu Sony Xperia Z.

Smartphone yang akan dirilis bulan Maret ini akan dilengkapi dengan layar HD 5 inci yang didukung oleh Sony Mobile Bravia Engine 2, chip Snapdragon S4 Pro APQ8064, prosesor quad core clock 1.5GHz, kamera 13 MP, 2GB RAM, dan jaringan LTE.

LG Optimus G2
Perusahaan asal Korea Selatan yang menjadi saingan Samsung juga siap mengungkap smartphone terbarunya. LG akan menyiapkan penerus dari generasi G Optimus, yaitu G2 Optimus.

Spesifikasi dari smartphone ini masih minim. Namun, diperkirakan akan menggunakan layar 5,5 inci full HD dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, prosesor 2GHz, dan chip S4 quad core Snapdragon Prime (MSM8974).

Huawei Ascend D2
Perusahaan asal Cina, Huawei, juga tidak mau ketinggalan di ajang CES 2013. Tak tanggung-tanggung Huawei digadang-gadang akan meluncurkan tiga produk terbaru, yaitu Ascend D2, Ascend Mate, dan Windows Phone 8 Ascend W1.

Ascend D2 dilaporkan menggunakan layar 5 inci dan prosesor quad core 1.5GHz. Sementara Ascend Mate diyakini menggunakan layar besar 6,1 inci dan menggunakan chip 1.8GHz HISilicon K3V3. Selain itu Windows Phone 8 Ascend W1 akan memakai layar 4 inci dan memakai prosesor 1.2GHz dual core.

CES 2013: Raksasa Teknologi Korsel Pamerkan TV Pintar Super Besar

Samsung Electronics memperkenalkan varian baru televisi pintar (Smart TV) berukuran super besar. Ukurannya 110 inci dan memiliki resolusi 4k (3840X2160 pixel) berkatagori ultra high LCD TV.
Definisi ultra high ini memiliki tingkat pixel empat kali lebih baik dari ukuran standar 1080p HD, sehingga layar akan semakin luas tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Menurut kantor berita Reuters, produk televisi terkini Samsung itu dipertunjukkan pada pameran teknologi terkemuka di AS pada awal tahun ini, Consumer Electronic Shows (CES), pada 7 Januari 2013 waktu setempat. Pameran tahunan di Kota Las Vegas itu baru dibuka untuk umum selama 8-11 Januari 2013.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah mengambil langkah-langkah baru untuk menyederhanakan tampilan interface dari produk smart TV-nya agar lebih mudah digunakan oleh konsumen. Samsung juga mengatakan bahwa interface dari smart TV terbaru ini akan didesain ulang agar menjadi lebih menarik secara visual.

Selain itu, fitur terbaru dari smart TV ini adalah pengguna dapat menonton dua program acara yang berbeda secara bersamaan. Samsung juga membuat panel "S Recommendation" yang berfungsi untuk menyarankan pengguna dalam kebiasaan menonton acara TV pada hari-hari sebelumnya. Namun, banyak konsumen yang mengkritik bahwa smart TV yang dibuat Samsung minim fungsi tambahan.

Analis dari Perusahaan Hermes, Ichiro Ishiguro, yang telah datang ke acara CES selama 10 tahun, mengatakan Samsung secara heboh mengumumkan akan meluncurkan smart TV 4k, beserta produk-produk lainnya.

"Kedengarannya perusahaan asal Korea Selatan itu telah melakukan hal yang luar biasa, tapi di sisi lain tidak ada yang menarik dari pengumuman tersebut," kata Ishiguro, seperti dilansir stasiun berita BBC.
Kendala Harga
Menurut Brandon Hill, editor blog DailyTech, saat ini banyak teknologi yang mengesankan, tapi harganya terlalu mahal bagi orang-orang yang berpenghasilan normal.

"Teknologi yang memungkinkan dua orang untuk menonton acara yang berbeda dalam satu TV sepertinya akan mulai tersedia di pasaran," kata Brandon Hill.

Teknologi terbaru dari Samsung ini akan memungkinkan orang-orang untuk menjelajahi web dan layanan lainnya hanya melalui layar utama dari smart TV. Pemilik smart TV generasi sebelumnya juga akan ditawarkan paket upgrade hardware untuk merasakan imajinasi terbaru.

Sony Tantang Apple dan Samsung di Ajang CES 2013

Di ajang pameran produk elektronik Consumer Electronics Show (CES) 2013 yang dimulai pekan mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat, Sony siap meluncurkan produk barunya. Dengan produk barunya ini, Sony ingin menantang Apple dan Samsung di pasar perangkat smartphone yang sangat kompetitif.

Dalam beberapa tahun terakhir, raksasa teknologi asal Jepang memang telah tertinggal jauh dari para pesaingnya di pasar smartphone. Namun Sony telah bangkit dengan meluncurkan perangkat terbaru yang menggunakan sistem operasi Google Android.

Dilansir Telegraph, Senin 7 Januari 2013, hal senada juga dikatakan oleh Dennis van Schie, Chief Sales dan Marketing Sony, ia mengatakan kepada koran Jerman bahwa perusahaannya sedang mempersiapkan perangkat terbaru yang dapat bersaing dengan produk-produk dari Apple dan Samsung.

Dari berita yang berkembang, perangkat terbaru ini diberi nama Xperia Z. Fitur yang ditawarkan adalah penggunaan prosesor quad core, kamera 13 MP, dan mengusung layar 5 inci. Desainnya yang minimalis membuatnya berbeda dengan iPhone 5 dan Galaxy S III.

Namun, Sony bukan satu-satunya perusahaan yang mendapat keuntungan besar jika smartphone-nya laris manis di ajang CES 2013. Keberhasilan Sony turut serta berdampak baik bagi Google yang sedang berjuang melawan Apple dalam penggunaan sistem operasi Android di pasar smartphone.

Sebelumnya hanya Samsung yang mendongkrak penggunaan sistem operasi Android. Dengan hadirnya Sony yang juga menggunakan Android, diharapkan Google akan meninggalkan Apple lebih jauh lagi.
Sony tidak sendirian dalam hal meluncurkan produk baru di ajang CES 2013. Samsung pun digadang-gadang akan merilis produk baru yang memiliki layar fleksibel, rumornya adalah generasi terbaru dari lini Galaxy S, yaitu Samsung Galaxy S IV.

Xperia Z, Smartphone Anyar Anti Air dari Sony

Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony, telah mengumumkan lini smartphone baru, Xperia Z, dalam pameran Consumer Electronics Show(CES) 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sony mengusung Xperia Z sebagai ponsel yang tahan air dan debu karena telah bersertifikat IP55 dan IP57. Smartphone ini juga dapat digunakan saat mandi tanpa resiko kerusakan.
Xperia Z hadir dengan layar 5 inchi dengan resolusi 1080p x 1920p high-definition yang meminjam teknologi dari Bravia TV. Untuk kinerja dipasok oleh prosesor quad-core Snapdragon S4 Pro dan kamera 13 MP.

Film Tahan AirSony mengatakan piranti dengan sistem operasi Android ini mampu bertahan dalam rendaman air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

"Jika Anda ingin ingin duduk di bak mandi dan menonton film HD ini adalah perangkat untuk Anda," kata eksekutif Sony Mobile, Steve Walker, seperti dilansir BBC, 8 Januari 2013.

"Anda bisa membawanya di kamar mandi jika Anda ingin, atau jika ponsel kotor, bisa dicuci di bawah kran," ujarnya.

Selain itu, perangkat ini lengkapi berbagai port dan cover dari plastik yang melindungi perangkat.
Perangkat dengan ketebalan 7,9 mm juga dapat merekam video HDR (high dynamic range), fasilitas ini dibekali dari teknologi divisi kamera Sony.

Untuk konektivitas, Xperia Z dilengkapi dengan jaringan data LTE (4G), slot micro SD dan chip NFC (near field communication) yang memudahkan pengguna berbagi konten ke televisi Sony.

Sedangkan untuk mendukung video rekaman kualitas tinggi, Sony melengkapi Xperia Z dengan teknologi sensor gambar Exmor RS.

Teknologi ini untuk mengatasi backlight dalam foto. Pasalnya, jika tanpa HDR, wajah seseorang terlihat terlalu gelap jika latar belakang terlalu terang.

Andalan Sony
Ben Wood, analis di CCS Insight, mengatakan strategi Sony dengan mengambil teknologi dan fitur dari divisi perangkat Sony yang lain, dapat menjadi kunci keberhasilan bisnis ponsel Sony.

"Produk ini sangat kuat dan ponsel Xperia paling menarik yang pernah saya lihat," kata Wood.

Dengan produk ini, Sony berharap bangkit dari keterpurukan. Sebelumnya, Sony membukukan kerugian setahun penuh sebesar US$5,7 miliar (Rp55,11 triliun) pada bulan Mei dan terus merugi sepanjang kuartal berikutnya.

Intel Kembangkan Tablet Fleksibel Seperti Kertas

Tiga perusahaan yang digawangi oleh Intel tengah mengembangkan sebuah tablet serupa kertas. Memiliki bentuk yang fleksibel, kaca tablet ini diklaim tidak akan bisa pecah.

Bekerja sama dengan Universitas Queen di Kanada dan perusahaan Plastic Logic, Intel memperkenalkan "Papertabs", tablet setipis kertas. Tidak hanya berfungsi sebagai ebook, tablet ini juga bisa menjalankan berbagai aplikasi.

PaperTab hadir dengan layar plastik resolusi tinggi ukuran 10,7 inchi yang dikembangkan oleh Plastic Logic. Layar sentuh fleksibel, dan didukung oleh Prosesor Intel generasi kedua CoreTM i5. Pengguna dianjurkan memiliki beberapa Papertab.

"Menggunakan beberapa PaperTabs membuat layar lebih mudah untuk bekerja dengan beberapa dokumen," kata Roel Vertegaal, Direktur Laboratorium Human Media Universitas Queen seperti dilansir Dailymail, Selasa 8 januari 2013.

Saat digunakan membaca ebook, pengguna hanya tinggal menekuk layarnya yang lentur. Saat akan mengirimkan foto, cukup hanya menekan salah satu Papertabs yang menunjukkan draft email dan Papertab lain yang menunjukkan foto.

Intel mengklaim teknologi ini dapat mengganti layar tradisional. "Dalam waktu lima sampai sepuluh tahun, kebanyakan komputer, dari ultrabook, notebook sampai tablet, akan terlihat dan terasa seperti lembar kertas warna seperti ini," kata Ryan Brotman, Research Scientist di Intel.

Layar ini direncanakan akan diluncurkan pada pameran Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat yang digelar 8-11 Januari 2013.

Apple Akan Luncurkan "iPhone Murah" Tahun Ini

Salah satu raksasa teknologi dunia, Apple, dikabarkan berencana mengeluarkan "iPhone murah" di pasaran tahun ini. Menurut sumber anonim yang dikutip beberapa media dan blog terkemuka di AS, langkah yang diambil produsen iPhone tersebut merupakan bagian dari peralihan strategi perusahaan.

Rencana Apple untuk menghadirkan iPhone murah disebut telah dieksplorasi selama beberapa tahun. Rencana ini bahkan telah mengalami perkembangan dan iPhone versi murah, menurut sumber tersebut, bisa hadir pada tahun ini.

Menurut harian Wall Street Journal, iPhone murah disebutkan sesuai dengan iPhone versi standar. Hanya berbeda dalam body yang lebih murah dengan menggunakan materi plastik polikarbonat. Perangkat teranyar Apple, iPhone 5 terbuat dari alumunium. Sementara bagian lain kemungkinan bisa sama maupun didaur ulang dari model iPhone sebelumnya.

Pengembangan model iPhone merupakan wilayah baru bagi Apple. Kabarnya, mendiang Kepala Eksekutif Apple, Steve Jobs, dulu sempat tertarik atas prospek keuntungan dan penawaran sejumlah produk berukuran kecil yang ditargetkan untuk kategori high end.

Dan sejak kendali CEO perusahaan diambil alih oleh Tim Cook pada Agustus 2011, Apple mengalami perubahan, dengan meluncurkan iPad Mini bersama dengan iPad yang lebih besar pada Oktober.

Apple telah mempertimbangkan iPhone murah sejak 2009 untuk merebut pangsa pasar dari para kompetitor.

Saat ini iPhone merupakan pendapatan utama Apple, dengan kontribusi penjualan iPhone dan produk dan layanan terkait mencapai 48 persen dari pendapatan pada kuartal ketiga.

Apple kini menghadapi tekanan yang lebih besar untuk membuat iPhone lebih terjangkau. Pasalnya, muncul perangkat Android murah yang dipasok oleh kompetitor, Google.

Menurut IDC, pada kuartal ketiga 2012, pangsa Apple hanya 14,6 persen dari pengiriman smartphone di seluruh dunia, angka ini turun dari pangsa pasar puncak Apple yang mencapai 23 persen pada kuartal keempat 2011 dan kuartal pertama 2012.
iPad Laris
Dilansir dari Digitimes, pertumbuhan penjualan iPad, terutama di China dan negara berkembang, kemungkinan menjadi latar belakang Apple untuk menghadirkan versi iPhone murah.

Terlebih dengan rilis chipset Snapdragon teranyar dari Qualcomm, untuk kategori smartphone enttry level sampai menengah. "Ini membuka jalan bagi Apple untuk menghadirkan iPhone murah," kata sumber yang dilansir laman Digitimes, 9 Januari 2013.

Sumber lain juga mengindikasikan bahwa Apple juga berencana menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal, China Mobile untuk meluncurkan sebuah versi iPhone lain sebagai upaya menaikkan penetrasi Apple di pasar China.

iPhone versi murah ini disebutkan akan hadir pada semester kedua 2013.
Sampai saat ini pihak Apple belum bersedia komentar atas rumor itu.

Lenovo Luncurkan IdeaPad Yoga 13 Berbasis Windows 8

Lenovo kembali memperkenalkan lini produk ultrabook dengan menghadirkan ultrabook multi mode IdeaPad Yoga 13. Perusahaan teknologi asal China ini memperkenalkan Ultrabook yang dapat berfungsi sebagai laptop, tablet, stand, dan tent.

Produk ini hadir di tengah bertumbuhnya pasar perangkat yang ringkas dan simpel, namun tidak mengorbankan komponen dan kualitas di dalamnya. Selain itu, dengan munculnya Windows 8 maka produk ini sudah convertible dengan sistem operasi terbaru milik Microsoft.

"Sebenarnya produk ini sudah sangat ditunggu setahun lalu di ajang pameran tekologi CES 2012. Dan saat ini IdeaPad Yoga 13 baru bisa dikeluarkan di Indonesia bersamaan dengan acara CES 2013," kata Sandy Lumy, President Director PT Lenovo Indonesia, di acara peluncuran IdeaPad Yoga 13, di Thamrin Nine, Jakarta, 9 Januari 2013.

Ia menambahkan IdeaPad Yoga 13 adalah lini awal produk yang keluarkan Lenovo. "Untuk ukuran yang lebih kecil kita akan mengeluarkan dalam beberapa bulan ke depan. Nanti akan ada lini-lini selanjutnya," ujarnya.

Multi-Mode Pertama
IdeaPad Yoga 13 adalah ultrabook pertama di dunia yang memiliki engsel yang memungkinkan layar multi touch hingga 360 derajat, sehingga dapat memberikan empat penggunaan (laptop, tablet, stand, dan tent).

IdeaPad Yoga 13 didukung prosesor bertenaga generasi ketiga Intel Core i7 3517U dan Intel Core i5 I5-3317U, memori DDR3 4GB, penyimpanan SSD 128GB, grafis Integrated Intel HD 4000, dan menggunakan sistem operasi Windows 8.

Ultrabook terbaru Lenovo ini juga bisa menikmati media dengan fitur-fitur audio visual Dolby Home Theater. Visual seperti foto, video, dan website akan tampak menakjubkan di layar IPS high definition 13,3 inci.

Ultrabook IdeaPad Yoga 13 diklaim dapat bertahan 8 jam ini terdiri dari dua varian. Untuk yang menggunakan Intel Core i7 dibanderol dengan harga Rp12.890.000. Sementara untuk yang menggunakan Intel Core i5 dijual dengan harga Rp11.999.000.

Inilah Parkir Mobil dan Motor di Unnes mulai 2 Januari 2013

Terhitung mulai Rabu, 2 Januari 2013, ruas jalan dalam kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Sekaran akan terbebas dari mondar-mandir sepeda motor dan mobil. Lantas di manakah kendaraan bermotor itu bisa diparkir?

Kepada unnes.ac.id, Ketua Badan Pengembang Konservasi Dr Margareta menerangkan, ada enam titik parkir. “Gedung Serbaguna (GSG) untuk mobil dan sepeda motor, area parkir Masjid Ulul Albab untuk mobil dan motor, parkir timur FMIPA untuk sepeda motor,  sisi selatan lapangan FIK atau lewat Gang Cempaka untuk motor, sisi utara gerbang utama/barat untuk mobil, sedangkan sisi selatan atau dekat PKM untuk sepeda motor,” katanya.

Dikemukakan, kampus bebas kendaraan bermotor itu berlaku setiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 07.00 hingga 16.00. Khusus Jumat hanya sampai pukul 14.30.
Secara terpisah, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Anwar Haryono menambahkan, dalam rapat koordinasi Selasa (1/1) sore Pembantu Rektor III Prof Masrukhi menegaskan,  mobil juga dapat diparkir di depan PAUD Sekar Nagari, sedangkan sepeda motor dapat lewat PAUD untuk masuk ke FIS/FE.

Ini Syarat untuk Ikuti SNMPTN 2013!

JAKARTA, — Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan hasil ujian nasional (UN) sebagai salah satu instrumen persyaratan untuk masuk jenjang pendidikan tinggi akan segera diwujudkan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa SNMPTN 2013 nanti hanya akan didasarkan pada nilai rapor, prestasi lain, serta hasil UN. Namun, kali ini, sekolah dengan akreditasi apa pun bebas mendaftarkan siswanya tanpa ada pembatasan kuota.

"Jadi, murni dari hasil UN dan nilai rapor serta prestasi lain siswa tersebut untuk SNMPTN 2013 nanti. Kuotanya disediakan 60 persen untuk seluruh Indonesia," kata Nuh di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Adapun syarat peserta SNMPTN 2013 mendatang adalah siswa SMA/SMK/MA yang mengikuti UN tahun ajaran 2013/2014 dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada tiap semester. Siswa harus mengantongi rekomendasi dari kepala sekolah dan harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Untuk PDSS ini, kepala sekolah yang akan mengisi. Nanti NISN dan password siswa akan dibagikan oleh sekolah untuk melakukan verifikasi," ujar Nuh.

Pengisian PDSS akan dimulai pekan depan, yaitu tanggal 17 Desember-8 Februari mendatang. Selanjutnya, peserta dapat memulai proses pendaftaran dengan memasukkan NISN dan password yang diterima dari sekolah. Jika telah selesai mendaftar, peserta dapat mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2013.

Untuk pilihan PTN, tiap peserta dapat memilih paling banyak dua opsi PTN yang diminati. Jika memilih satu PTN saja, maka peserta bebas memilih PTN mana saja. Namun jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal atau provinsi terdekat.

Sementara itu, untuk program studi, peserta dapat memilih paling banyak dua program studi yang diminati pada masing-masing PTN. Nantinya, pelamar akan diseleksi berdasarkan pilihan pertamanya dan apabila tidak terpilih, dilanjutkan pada pilihan keduanya. Jika tertarik untuk mengikuti SNMPTN 2013, anak didik dapat langsung memperoleh informasi lengkap melalui laman resmi SNMPTN ini.

Pendaftarannya sendiri dibuka pada 1 Februari-8 Maret dan dilanjutkan dengan proses seleksi pada 9 Maret-27 Mei. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013 nanti.

Kamis, 03 Januari 2013

Patenkan Stylus, Apple Siapkan Pesaing Galaxy Note?

Jakarta - Apple baru saja mematenkan fitur stylus di kantor paten Amerika Serikat. Aksesoris yang dijuluki sebagai active stylus ini memunculkan spekulasi bahwa Apple tengah mempersiapkan pesaing Galaxy Note.

Galaxy Note yang sekarang muncul sudah versi keduanya, memakai stylus S Pen sebagai salah satu fitur andalannya. Sempat dinilai tidak akan sukses, nyatanya Galaxy Note lumayan laris di pasaran.

Active stylus yang dipatenkan Apple konon memiliki teknologi tinggi. Sehingga lebih cepat dan akurat memberikan input ke layar sentuh dibandingkan stylus yang ada sekarang ini.

Bukan kali ini saja Apple mematenkan teknologi stylus. Sebelumnya, mereka kedapatan mendaftarkan paten stylus berjuluk iPen yang mungkin akan menjadi aksesoris di gadget masa depannya.

Dikutip detikINET dari BGR, Kamis (3/1/2013), Apple sebenarnya pernah terkesan anti dengan teknologi stylus. Pasalnya, mendiang Steve Jobs selaku pendiri Apple pernah menyatakan bahwa konsumen tidak menginginkan kehadiran stylus di gadgetnya.

Belum jelas memang apakah Apple benar-benar serius mengembangkan perangkat dengan stylus. Namun keberadaan patent tersebut dan popularitas Galaxy Note boleh jadi membuat mereka ingin terjun ke pasar perangkat stylus.

Android 'Gigit' iPad, Tablet 'Gilas' Laptop

Jakarta - Pertumbuhan pasar komputer tablet cukup pesat di 2012 lalu. Menurut perkiraan International Data Corporation (IDC), penjualan perangkat ini secara global bahkan bisa mencapai 122,3 juta, atau naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Momentum tablet tampaknya masih akan berlanjut di tahun 2013 ini. Diperkirakan makin banyak variasi dari perangkat tablet yang akan ditawarkan oleh para vendor.

Nah, seperti apa tablet yang akan beredar di sepanjang tahun ular air ini? Berikut prediksi dari Mashable yang dikutip detikINET, Kamis (3/1/2013).

1. Ukuran tak jadi masalah

Memang tidak ada patokan berapa ukuran pas dari sebuah tablet. iPad yang mendominasi penjualan tahun lalu, dimana menurut IHS iSuppli mencapai 59% memang berukuran 9 inch lebih.


Tapi jangan salah, iSuppli juga menyebutkan bahwa tablet yang jauh lebih kecil pun tak kalah banyaknya. Terbukti ukuran tablet di bawah 8 inch dikapalkan hingga 34 juta selama 2012 lalu, ini terjadi lonjakan 17 juta dari tahun sebelumnya.

Sehingga diprediksi, jumlah tablet dengan ukuran kecil atau sedang bisa menggamit pangsa pasar dua kali lipat dari sebelumnya. Diprediksi tablet ukuran tersebut menguasai 50% market share di 2013.

Ini artinya, ukuran tak menjadi persoalan bagi calon konsumen yang ingin membeli tablet. Sehingga vendor pun akan bersiap meluncurkan ukuran tablet sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Semakin banyak tablet murah

Ada harga ada rupa, demikian ungkapan yang dipertahankan oleh calon pembeli. Akan tetapi untuk kasus tablet agak sedikit berbeda. Berkaca pada pengalaman tahun lalu, tablet dengan harga murah pun laku di pasaran.

Memang di balik pembuat tablet itu sendiri menjadi alasan, sebut saja Kindle Fire besutan Amazon, Nexus 7 atau Motorola Xoom yang rata-rata dijual USD 199. Bandingkan dengan harga iPad paling murah sekitar USD 500.

Tablet murah berkualitas pun diprediksi akan menjadi cara baru untuk menggaet pelanggan baru di 2013. Ya, walaupun hanya WiFi dengan beberapa fitur yang dipangkas, bagi beberapa konsumen tak mempermasalahkannya. Apalagi harganya murah.

3. Tablet Android akan 'menggigit' iPad

Di tahun 2010, Apple sangat nyaman dalam merebut 87% pasat tablet. Namun seiring dengan makin bertambahnya kompetitor, posisi iPad pun goyah. Dari data IDC, Apple saat ini menguasai pasar tablet 53.8% sedangkan Android 42.7%.

Nah, di tahun ini tentu saja menarik, karena diperkirakan iPad akan disalip oleh tablet khususnya yang berbasis Android. Apalagi pada kenyataanya, di kuartal 3 2012, penjualan iPad turun 18%.

4. Tablet gilas Laptop

Dalam satu dekade terakhir, perangkat komputer portabel masih sepenuhnya dikuasai oleh laptop. Namun mulai tahun, penjualannya berlahan akan digilas oleh tablet.

Menurut analisa DisplaySearch, dari vendor laptop global hanya 4 merek--Sony, Asus, Lenovo dan Apple-- yang percaya penjualan laptopnya melebih ekspektasi di tahun 2013 dibandingkan tahun 2012, walaupun jumlahnya tak banyak. Lenovo yang paling percaya diri dimana targetnya mencapai 31 juta unit, dibandingkan 27 juta unit di tahun 2012.