Selasa, 12 Maret 2013

Bos Samsung: Windows 8 Tak Lebih Baik dari Vista


Industri personal desktop (PC) menunjukkan tren menurun di seluruh dunia, kendati Microsoft sudah menggeber produk andalannya, Windows 8, pada akhir tahun 2012.

Tren itu pun diamini oleh salah satu bos dari Samsung, Jun Dong-soo. Ia memperkirakan, industri PC akan mulai hilang keberadaannya dalam beberapa tahun lagi.

"Saya pikir, sistem Windows 8 tidak lebih baik dari Windows Vista," kata Jun Dong-soo, Presiden Divisi Memory Chip Samsung, dilansir Techradar, 11 Maret 2013.

Saat ini, menurut dia, penjualan PC di seluruh dunia turun drastis. Situasi ini menunjukkan bahwa tren pasar PC ke depan akan suram. "Saat ini, Samsung mulai mengurangi produksi memori chip untuk PC," aku Jun.

Dia juga mengutip temuan IDC yang meramalkan pasar PC akan turun 1,3 persen pada tahun 2013. "Windows 8 telah gagal merangsang penjualan PC. Selain itu, penjualan tablet juga memangkas penjualan PC," tambah Jun.

Melihat keadaan yang mulai tidak baik untuk masa depan PC, saat ini, Samsung mulai fokus mengembangkan memori dan chip untuk produk tablet dan ponsel pintar.

Sementara itu, The Verge melansir, 11 Maret 2013, Fujitsu juga menyalahkan Windows 8 yang tidak bisa mendongkrak penjualan PC di seluruh dunia.

Kejadian ini merupakan pertama kalinya para mitra Microsoft mulai membandingkan Windows 8 dan Windows Vista. Seperti diketahui, Windows Vista adalah salah produk paling gagal terbesar Microsoft.

Kamis, 07 Maret 2013

Gandeng Intel, Acer Rilis Liquid C1 di Indonesia

Pertumbuhan pasar smartphone kelas menengah kian pesat di Tanah Air. Fenomena ini telah membuat berbagai vendor berlomba-lomba mengeluarkan lini produk terbarunya.

Acer pun tak mau ketinggalan dengan memperkenalkan produk Acer Liquid C1. Produk ini merupakan ponser pintar pertama keluaran Acer buah bekerja samanya dengan Intel Inside.

Menyasar segmen profesional, Acer Liquid C1 dibanderol dengan harga Rp2,8 juta. Acer juga memberikan harga khusus Rp2,5 juta sepanjang acara Mega Bazaar Computer 2013 dengan sistem pembelian preorder.

"Saat ini, kebutuhan para profesional kelas menengah semakin tinggi. Perlu ada ponsel pintar dengan performa tinggi," kata Jason Lim, President Director Acer Indonesia di Jakarta, 6 Maret 2013. "Kehadiran Acer Liquid C1 menjawab semua tantangan itu," klaimnya.


Acer Liquid C1

Untuk menyokong performa tinggi, Acer Liquid C1 dibekali prosesor Intel Atom Z2420 1.2 GHz, yang sudah memiliki fitur touch control dan quick loading web pages.

Selain itu, Liquid C1 juga dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP dengan kemampuan fast launch dan burst shot 5fs dan kamera depan 0.3 MP. Konektivitasnya telah mendukung akses 3G HSPA+ dengan kecepatan maksimal 21 Mbps.

Di sisi muka, terdapat layar 4,3 inci yang didukung kartu grafis berkemampuan 400 MHz, memungkinkan responsivitas yang baik saat bermain game dan memutar video. Ketahanan baterai juga memukau, durasi siaga bisa bertahan hingga 400 jam dan 9 jam saat menelepon.

Sayangnya, ponsel pintar ini hanya menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Sementara kebanyakan ponsel pintar harini sudah menggunakan Android Jelly Bean.

Proyeksi

Sejak bulan November 2012, Acer sudah menghadirkan total lima tipe untuk pasar Indonesia, di antaranya S500 untuk segmen kelas atas, C10 dan C1 untuk segmen kelas menengah, serta Z110 dan E360 untuk segmen kelas bawah.

"Sampai bulan November nanti, kami sudah menyiapkan empat sampai lima ponsel pintar lagi. Untuk segmen-segmennya, kita tunggu saja tanggal mainnya," tutur Jason Lim.

Dia mengaku, Acer akan terus menggarap ponsel-ponsel baru, karena melihat minat pasarnya di Indonesia masih sangat tinggi.

Rabu, 06 Maret 2013

Indosat Jor-joran di Paket Data dan Bundling

Indosat turut meramaikan gebyar Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 dengan menggelar diskon besar pada layanan bundling dan paket Internet Indosat.

Program khusus tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan data pelanggan yang semakin meningkat seiring pesatnya pertumbuhan pengguna gadget dan smartphone di Tanah Air.

Selama MBC 2013, Indosat menawarkan paket bundling dengan produk ponsel pintar dan tablet Samsung, Polytron, LG, HTC, Lenovo dan Venera, dengan benefit langsung paket layanan Internet Indosat selama enam bulan gratis. Benefit itu termasuk kuota data 500 MB dan layanan Indosat Super Wi-Fi unlimited.

Untuk menggenjot trafik data, Indosat juga memperkenalkan sejumlah paket bundling khusus Internet, seperti bundling BlackBerry paket BB Gaul dengan tarif Rp49 ribu per empat bulan, bundling Nokia Asha dengan paket Internet 250 MB, dan Indosat Super WiFi dengan tarif Rp20 ribu per enam bulan.

Bundling Nokia Lumia 510 menawarkan paket gratis Internet kuota 500 MB dengan tarif Rp49 ribu per tiga bulan, termasuk plus layanan Indosat Super Wi-Fi.

Sementara itu, untuk bundling Huawei dan Alcatel, pelanggan akan mendapatkan paket Internet kuota 250 MB, Indosat Super Wi-Fi dengan tarif Rp20 ribu per enam bulan.

"Paket bundling ini memberikan solusi kenyamanan telekomunikasi dan akses cepat dengan Indosat Super WiFi," jelas Andrini Novie Hastuti, Group Head Marketing Communication Indosat, di sela MBC 2013, Rabu 6 Maret 2013.

Mentari Optima 49

Selain program bundling, Indosat juga memperkenalkan paket Internet anyar melalui Mentari Optima 49.

Program yang berlaku untuk pelanggan lama dan pelanggan baru ini memberikan benefit gratis komunikasi pesan instan WhatsApp unlimited gratis selama 12 bulan.

Dengan program ini, pelanggan dapat memilih paket BB atau paket smartphone dengan tarif Rp49 ribu per dua bulan.

Sementara bagi penggandrung perangkat BlackBerry, Indosat juga menyuguhkan paket BB 49 ribu per dua bulan, di mana pelanggan bisa mencicipi paket BB Gaul (akses jejaring sosial dan chatting), 200 menit nelpon ke semua operator, 400 SMS, dan akses Indosat Super Wi-Fi.

Sementara itu, tersedia pula paket data ponsel pintar, yakni dengan Rp49 ribu per dua bulan, pelanggan mendapatkan Internet 1,5 GB dengan kecepatan 7,2 Mbps, plus 200 menit nelpon gratis ke semua operator, 400 SMS, dan akses Indosat Super Wi-Fi.

Ini Dia Hasil Benchmark Samsung Galaxy S4

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S4 terus beredar di Internet. Hanya sekitar satu minggu sebelum peluncuran perdana Samsung Galaxy S4, bocoran hasil benchmark ponsel pintar itu menghebohkan dunia maya.

Seperti diberitakan NDTV Gadgets, 4 Maret 2013, dari hasil benchmark menggunakan AnTuTu, Galaxy S4 diketahui memakai prosesor Exynos 5 Octa 1.8GHz dan GPU PowerVR SGX 544MP.

Sebelumnya, laman penggandrung produk Samsung, SamMobile mengatakan, Galaxy S4 akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 600 1.9 GHz.

Data-data lain menunjukkan bahwa Galaxy S4 akan mengunakan layar 4,99 inci beresolusi Full HD 1920 × 1080 piksel, RAM 2 GB, memori internal 16GB dan 32GB, dan OS Android 4.2 Jelly Bean.

Selain itu, ada pula kamera 13 MP plus LED flash, video HD 2,1 MP 1080p, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, NFC, A-GPS, E-Compass, dan G-Sensor.

Galaxy S4 juga dikatakan sudah mendukung jaringan GSM, WCDMA, dan LTE. Dari data itu, laman Sammobile mencatat, kalau Galaxy S4 akan diluncurkan dengan dua varian, sama seperti yang terjadi pada Galaxy S3, yakni GT-I9300 dengan konektivitas GSM dan GT-I9305 dengan dukungan LTE.

Apa lagi fitur-fitur yang diharapkan hadir di Samsung Galaxy S4? Di sini ulasannya.



Di uji benchmark itu, tampak posisi Galaxy S4 di antara perangkat lain, seperti LG Optimus G, Nexus 4, Samsung Galaxy Note 2, Galaxy S3, HTC One X+, Asus Transformer Prime, dan sebagainya. Hasilnya, Galaxy S4 menembus peringkat satu dengan skor fantastis, 24894.

Peluncuran Samsung Galaxy S4 disebut-sebut akan head to head dengan produk keluaran Apple, iPhone 5. Sementara The Silicon Valley dikabarkan tengah sibuk mempersiapkan produk terbaru untuk menyasar penggemarnya di negara berkembang.

Untuk membuktikan kebenaran data uji benchmark AnTuTu tersebut, kita tunggu saja kabar dari Samsung yang akan memperkenalkan generasi terbaru Galaxy S itu pada 14 Maret 2013 di New York, Amerika Serikat.